Sabtu, 27 Juli 2019

APAKAH ARTI DARI GOING TO?


Tulisan ini muncul karena tadi pagi ketika saya mengajar murid-murid saya, ketika saya menyuruh mereka mengerjakan sebuah teks percakapan bahasa Inggris, mereka kebingungan menerjemahkan. 

Teks nya seperti apa? 
Ini dia teksnya:

Linda     : You're going to be the marching band leader, aren't you, Luki?

Kata yang saya berikan warna merah itulah yang menjadi masalah mereka. 

Oleh karena itu, saya akan berusaha menjelaskan disini, mungkin dari para pembaca, ada yang belum tahu tentang pembahasan ini.

Baiklah . . . .
Kita mulai pembahasan kita.
You're going to dalam kalimat diatas, aslinya adalah:
You are going to, disingkat menjadi you're going to. 
kenapa harus pakai "are". gak juga. boleh juga pakai "is/am", tegantung kalimatnya. 
misalnya:
subject I:
I am going to

Subject she he/:
She / he is going to

Subject you,we, they:
they are going to

Biasanya, dalam buku-buku bahasa inggris, pembahasan ini namanya : Be going to.
kenapa bisa "be going to". 
karena kata "be going to" itu lebih umum. 
bisa:
I am going to
You are going to
we are going to
they are going to
she is going to
he is going to
Azizah is going to
Zamahsari is going to
Azizah and zamahsari are going to
I was going to
you were going to
we were going to
they were going to
she was going to
he was going to
azizah was going to 
zamahsari was going to
azizah and zamahsari were going to

arti dari be going to:
Be going to itu mempunyai arti dengan "will" 
will itu mempunyai arti "akan".

pembahasan be going to dan will yang lebih lengkap, bisa anda buka di buku fundamental of English Grammar dan Understanding of English Grammar, karya agungnya BETTY SCHRAMFER AZAR.
Atau jika anda ingin mendapatkan penjelasan saya lewat wa/hp, anda bisa menghubungi saya di wa: 081331325379


EmoticonEmoticon